Selasa, 13 Mei 2014

Hantu Bentuk Baru

Jika kamu asli warga negara indonesia, maka kau tak akan heran banyak jenis hantu yang dapat ditemukan. Mulai dari pocong, kuntilanak, tuyul, buto ijo, genderuwo, sundel bolong, mister gepeng, hantu jeruk purut, nenek gayung, kakek cangkut, dan masih banyak lagi yang jika saya sebutkan semuanya isi posting ini hanya akan berisi jenis hantu.

Keberadaan hantu di atas memang menakutkan, tapi ada hantu bentuk baru yang menurut saya lebih menakutkan yaitu MEDIA. Mengikuti pemberitaan media saat ini sama dengan memasang jebakan tikus ditiap langkah. Menjadi was-was dan cemas. Takut yang berlebihan. Sampai akhirnya tidak berani melangkah.

Jika diperhatikan pemberitaan di media seperti memiliki tema. Pertengahan 2012 terjadi kecelakan maut di tugu tani. Iya kasus afriyani. Semenjak kasus tersebut media mengekspos segala berita terkait kecelakaan. Saat ini sedang marak-maraknya pemberitaan kekerasan seksual terhadap anak kecil. Dimulai dari kasus JIS, lalu diikuti kasus fenomenal emon dan kasus-kasus berikutnya yang menghantui para orang tua. 

Menurut saya semakin media mengekspos semakin banyak kejatahan yang sama terjadi. Karena secara tidak langsung media menghadirkan contoh kejahatan pada masyarakat. Dan media semakin mengedepankan sisi bisnisnya. Bad News is Good News. Media tidak mempertimbangkan lagi akibat sosialnya jika pemberitaan buruk ditayangkan terus menerus. Sekali lagi itu hanya pendapat saya.

Saya memimpikan suatu saat nanti pemberitaan di Indonesia akan dipenuhi oleh berbagai prestasi anak bangsa. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar